Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cegah Pencurian Sepeda Motor! 5 Langkah Ini Perlu Dilakukan Warga

pencuri sepeda motor

Pada Rabu, 24 Juli 2024, dini hari, warga Rempoa, Tangsel, dikejutkan dengan kejadian pencurian kendaraan bermotor atau curanmor yang kembali terjadi setelah sekian lama. Dua sepeda motor dilaporkan hilang sehingga menciptakan kekhawatiran di tengah masyarakat setempat.

Kejadian ini diduga disebabkan oleh kelengahan petugas yang bertugas jaga malam atau kelalaian para pemilik sepeda motor yang tidak memberikan pengamanan tambahan pada kendaraan mereka.

Dalam rangka mencegah kejadian serupa terjadi lagi di masa mendatang, dianjurkan untuk mengambil beberapa tindakan untuk meningkatkan keamanan kendaraan.

1. Parkir di Tempat yang Aman

Pastikan untuk selalu memarkir motor di tempat yang aman dan terawasi, seperti garasi atau area parkir yang memiliki penjaga keamanan.

Hindari juga memarkir motor di tempat yang sepi dan minim penerangan.

Jika memungkinkan, masukkan ke kendaraan Anda ke dalam garasi. Untuk sepeda motor, jika tidak ada garasi, setidaknya bisa ngakalin supaya muat dimasukkan ke ruang tamu.

Repot semenit dua menit dalam mengatur ruangan untuk parkir sepeda motor, lebih ringan jika dibandingkan nyicil jutaan rupiah lagi berbulan-bulan, bahkan tahunan ketika sepeda motor terlanjur dicuri maling.

2. Gunakan Kunci Ganda

Gunakan kunci ganda seperti kunci roda atau gembok cakram untuk memberikan lapisan keamanan tambahan dan membuat pencuri berpikir dua kali sebelum mencoba mencuri motor Anda.

Selain itu, aktivitas dalam membongkar kunci tersebut juga akan menimbulkan suara gaduh sehingga memberikan kesempatan pagi pemilik untuk sadar kalau kendaraannya sedang "terancam".

Nah, kesalahan dari masyarakan saat ini adalah kurangnya pengamanan ekstra untuk kendaraannya. Jika menempatkan sepeda motor di lokasi yang terbuka, minimal menerapkan kunci ganda, khususnya di malam hari.

3. Pasang Alarm

Alarm dapat memberikan peringatan saat motor digerakkan tanpa izin. Suara keras dari alarm dapat menarik perhatian orang di sekitar sekaligus membuat pencuri panik dan kabur.

Harga alarm juga lebih murah dibandingkan sepeda motor Anda. Jadi, sisihkan sebagian uang untuk membeli dan pasang alarm demi memastikan keamanan sepeda motor.

4. Gunakan Pelacak GPS

Sebenarnya ini bukan langkah pencegahan, namun cukup perlu sebagai persiapan terjadinya kemungkinan terburuk.

Memasang pelacak GPS pada motor dapat membantu melacak keberadaan motor jika sudah terlanjur terjadi pencurian. Dengan alat ini, Anda dapat mengetahui lokasi motor secara real-time dan memberikan informasi yang akurat kepada pihak berwenang.

Dengan bantuan teknologi, semoga bisa lebih memungkinkan untuk ditemukan!

5. Jaga Keamanan Lingkungan

Berkolaborasi dengan tetangga atau bisa juga bekerja sama dengan aparat setempat untuk saling menjaga keamanan lingkungan, baik dengan melakukan siskamling atau memasang kamera pengintai alias  CCTV di beberapa titik yang diduga rawan terjadi pencurian.

Setidaknya, jika tindak pencurian tidak bisa dihindari, pihak berwenang memiliki gambaran kronologi kejadian perkara untuk menentukan langkah selanjutnya yang perlu diambil untuk melakukan pencarian terhadap pelaku pencurian.

***


Dari kejadian ini, dihimbau agar masyarakat mengambil pelajaran dan lebih perhatian dalam menjaga kendaraannya, khsusunay sepeda motor, termasuk juga harta benda lain yang mudah dicuri atau sering jadi incaran para pencuri, seperti uang, perhiasan, dan barang elektronik.

Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, setidaknya warga dapat meminimalkan risiko pencurian dan menjaga kendaraan tetap aman.

Posting Komentar untuk "Cegah Pencurian Sepeda Motor! 5 Langkah Ini Perlu Dilakukan Warga"